FGD menuju World Heritage

Suasana ketika FGD di Ruang Rapat Balai Kota Sawahlunto Foto: Koleksi MGR

Suasana ketika FGD di Ruang Rapat Balai Kota Sawahlunto
Foto: Koleksi MGR

Pekan pertama bulan Juni ini kami disibukkan dengan Tour de Singkarak (TDS), pekan kedua kami disibukkan dengan Asean Workshop Heritage, dan pada pekan yang ketiga ini kami disibukkan dengan FGD yang diadakan di Ruang Rapat Balai Kota Sawahlunto. Acara ini berlangsung pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2013. Focus Discussion Group (FGD) ini diadakan selama sehari penuh dari pagi hingga petang hari dengan mengambil tema “FGD Pembahasan Tentative List dan Dokumen Draf Dossier Sawahlunto”

Mendatangkan para pakar dari beberapa instansi seperti Arkeolog dari UGM, ahli dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, BPCB Batusangkar dan Jambi, Arsitek dari Univ. Bung Hatta, dan Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat. FGD ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto Bapak Medi Iswandi dan ditutup oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bapak Dedi Ardona.

Bpaka Sinatriyo (Kanan) dan Bapak Kristanto (Kiri). Bapak Sinatriyo merupakan pemateri pertama di FGD ini dengan moderator Bapak Kristanto.

Bpaka Sinatriyo (Kanan) dan Bapak Kristanto (Kiri). Bapak Sinatriyo merupakan pemateri pertama di FGD ini dengan moderator Bapak Kristanto.
Foto: Koleksi MGR

Diskusi berjalan hangat dan berhasil menarik minat beberapa orang peserta. Perspektif baru berhasil didapat dalam penyusunan draf Dossier Kota Sawahlunto guna menuju World Heritage. Satu point penting yang sangat perlu ditinjak lanjuti oleh Pemko Sawahlunto yakni sinergi antara masyarakat, Pemko Sawahlunto, dan Provinsi Sumatera Barat sangat perlu guna mengusung Kota Sawahlunto sebagai warisan dunia.

Bapak Daud (Tengah) Diapit oleh Bapak Kristanto (Kanan) dan Bapak Fitra (Kiri) Foto: Koleksi MGR

Bapak Daud (Tengah) Diapit oleh Bapak Kristanto (Kanan) dan Bapak Fitra (Kiri)
Foto: Koleksi MGR

Peranan beberapa komponen terutama dikalangan masyarakat sangat berperan. Sebab masing-masing komponen memainkan peran yang berbeda sehingga perlu kiranya “seayun-selangkah” dalam mewujudkan keinginan terbesar dari Kota Sawahlunto ini.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s