Sejarah Berdirinya Museum Goedang Ransoem

Bagian_I

Menjadi Kota Wisata

 Proses berdirinya Museum Goedang Ransoem tidak terlepas dari visi dan misi Kota Sawahlunto untuk menjadi kota tujuan wisata utama di Sumatera Barat. Kota ini memiliki visi “Kota Wisata Tambang yang Berbudaya 2020”. Aset utama yang menjadi perhatian pada permulaan ialah berbagai bangunan tua peninggalan zaman kolonial di Sawahlunto.

Salah satu bangunan tersebut ialah Komplek Museum Goedang Ransoem. Sebalum di revitalisasi, komplek ini merupakan hunian yang dihuni oleh belasan kepala keluarga. Pada tahun 2004 dimulailah perancanaan untuk menjadikan kawasan ini sebagai komplek museum. Realisasi dari rencana ini baru berhasil dilaksanakan pada tahun 2005.

Belasan kepala keluarga dipindahkan dari lokasi museum sekarang, tentunya setelah mendapat ganti rugi. Beberapa bangunan yang telah rusak diperbaiki, ada juga yang dihilangkan disebabkan kegunaannya yang tidak berkaitan dengan masa dahulu. Ada juga yang dibangun ulang karena beberapa bangunan pendukung di komplek ini sudah hancur.

Tidak semua bangunan berhasil direvitalisasi. Hingga kini bangunan rumah pemotongan hewan berada di luar komplek museum. Namun fungsi dari bangunan ini tetap tidak berubah, yakni masih tetap sebagai rumah pemotngan hewan. Bangunan ini tepat berada di samping bangunan ruang pameran utama. Hanya dibatasi pagar.

Bagian belakang komplek terdapat pabrik tahu kepunyaan penduduk. Pabrik ini termasuk pabrik tahu yang produktif karena hampir tiap hari orang berlalu-lalang di depan gedung kantor kami sambil meneteng bungkusan asoi (kantong plastik) dari arah belakang.

Pada tahun 2007 Komplek Museum Goedang Ransoem diresmikan oleh Wakil Presiden M.J.Kalla. Prasasti peresmian museum dapat kita saksikan di beranda depan gedung pameran utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s