Praktek Sains

ROKET AIR

Oleh: Kurnia Febra, ST

 

Beberapa waktu yang lalu Iptek Center Kota Sawahlunto mengadakan demo peluncuran roket air yang dihadiri oleh siswa SMP se-Kota Sawahlunto. Antusiasme para siswa yang menonton proses peluncuran roket air ini patut di acungi jempol. Demo roket air baru pertama kali di lakukan oleh Iptek Center Kota Sawahlunto dan terbilang sukses.

Apa yang di maksud dengan roket air? Roket air merupakan salah satu bagian dari teknik mesin yang menerapkan ilmu fisika, Matematika, tekanan, Aerodinamika yang mudah diterapkan bagi siswa. Hal ini disebabkan materi tersebut termasuk dalam bahan ajaran siswa tingkat SMP .

Dalam pembuatan roket air, agar dapat meluncur jauh, yang harus diperhatikan ialah tekanan udaranya. Hal ini akan mempengaruhi daya dorong roket agar dapat meluncur dengan jauh. Siapapun yang ingin mengembangkan roket air, maka akan banyak metode dan desain roket air yang dapat dibuat dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kreatifitas.

Roket air ini sendiri di buat oleh staff dari Iptek Center Kota Sawahlunto. Bahan-bahan roket air ini sangat mudah di dapat seperti, botol bekas minuman bersoda. Pembuatannya juga tergolong mudah, Dengan mengreasikan serta mengikuti tata cara pembuatannya dengan benar.

Dalam prinsip kerja roket air, botol akan meluncur apabila diberi tekanan udara yang tinggi. Tekanan udara yang tinggi ini berasal dari pompa. Di dalam botol terlebih dahulu telah diberi air sekitar seperempat sampai sepertiga dari isi botol untuk menghasilkan tenaga semburan yang lebih besar. Botol yang digunakan maksimal berukuran 1,5 liter. Cairan utamanya adalah air, boleh menggunakan zat lain asalkan tidak mempengaruhi tekanan yang dihasilkan, misalnya air berwarna.

Kemudian untuk menentukan arah agar tepat sasaran harus diperhatikan sudut peluncuran roket ketika diarahkan. Yang paling baik ketika mencapai sudut 45 derajat. Lalu desain roket yang agak runcing. Serta harus diperhatikan arah angin, jika angin terlalu kencang, roket akan kesulitan meluncur. Siapapun bisa membuat dan mengembangkan roket air. Banyak metode dan desain roket air yang bisa dibuat dengan memberikan kesempatan seluas –luasnya kepada kreatifitas.

Sumber gambar: Internet

*Dimuat pada Buletin Museum Goedang Ranseom (Sawahlunto Museum News) edisi 2 (Juni 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s