Tipuan Mata

ILUSI OPTIC

Oleh: Kurnia Febra, ST

Ilusi berasal dari bahasa latin yaitu illusio yang berarti cemooh, illudere yang berarti mencemoohkan, menggaburkan, dan menyesatkan. Ilusi merupakan keadaan salah tafsir dari indra terhadap rangsangan suatu objek atau pengamatan yg tidak sesuai dng penginderaan. Ilusi juga bisa berarti tidak dapat dipercaya atau palsu. Ilusi juga dapat berarti sesuatu yang hanya dalam angan-angan atau dengan kata lain adalah khayalan. Bagian-bagian dari ilusi adalah halusinasi, khayalan, fantasi, delusi dan asosiasi (sumber: http://id.shvoong.com).

Misalnya ilusi optic, tidak lain merupakan tipuan mata pada saat melihat benda. Ilusi optic adalah ilusi yang terjadi karena kesalahan penangkapan pada mata manusia. Jadi seolah-olah mata tersesat dalam mengamati suatu objek, karena mata bukanlah alat pengukur yang baik.

Beberapa contoh ilusi mata yang terdapat di IPTEK Center Kota Sawahlunto:

1. Perhatikan gambar di samping ini, seolah-olah daunnya bergerak bergelombang. Padahal, gambar daun tersebut hanya gambar 2 dimensi, yang sama sekali tidak bergerak.
2. Pada gambar hitam putih di samping ini,  coba cari letak titik hitamnya dimana…
3. Cobalah untuk mengatakan warna kata-kata, bukan benar-benar membacanya. Anda akan menemukan bahwa itu adalah hal yang sulit. Bagian kanan dari otak Anda sedang mencoba untuk mengatakan warna, sedangkan otak bagian kiri mencoba untuk mengatakan kata itu sendiri.

 

 

Selain 3 buah contoh di atas, masih banyak lagi contoh-contoh ilusi optic yang ada di IPTEK Center Kota Sawahlunto. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi IPTEK Center yang berada di kawasan Museum Goedang Ransoem Kota Sawahlunto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s