Wisata Tambang

Lobang Tambang Mbah Soero

 Nan Unik & Misterius

Oleh: Sevly Eka Putri

Lobang Tambang Mbah Soero terletak di Kelurahan Tanah Lapang Kota Sawahlunto. Seperti namanya Lobang Tambang Mbah Soero ini merupakan bekas tambang batubara yang kemudian ditutup. Sebenarnya tidak ada data yang menyebutkan tentang lobang tambang ini.

Ged. Infobox yang merupakan “Gerbang” masuk ke dalam objek wisata Lobang Mbah Soero.
Di gedung ini anda dapat menikmati galery foto yang menggambarkan perjalanan tambang di kota ini.
Foto: Koleksi MGR

Lobang Tambang Mbah Soero ini masuk ke dalam area tambang Ombilin II, dimana area ini merupakan wilayah dengan cadangan batubara terbesar di Sawalunto yaitu 40 juta ton. Tetapi ada yang unik, Belanda justru membangun pemukiman di sekitar kawasan ini, contohnya saja gedung Info Box yang dulunya merupakan bekas gedung Pertemuan Buruh kemudian juga ada dapur umum yang sekarang beralih fungsi menjadi Museum Goedang Ransoem serta beberapa perumahana buruh tambang.

Tidak diketahui dengan jelas kapan dan apa penyebab lobang tambang ini ditutup, ada yang memperkirakan karena faktor banyaknya air dan gas metan di dalam lobang. Namun pada tahun 2007 ketika Pemko Sawahlunto membuka kembali lobang tambang ini terlihat bahwa lapisan penutup lobang yang tidak tebal, cuma satu lapisan saja. Sementara lobang lainnya memiliki lapisan sebanyak tiga lapisan.

Menuju Lobang Tambang
Tampak Pintu Masuk menuju Lobang Mbah Soero
Foto: Koleksi MGR

Lapisan ini mengindikasikan bahwa anggapan bahwa lobang ini ditutup karena banyaknya gas metan itu tidaklah benar, karena menurut aturan pertambangan bila lobang ini berpotensi menyebabkan ledakan maka harus ditutup hingga tiga lapisan untuk menghindari meluasnya ledakan tersebut. Namun bila anggapan bahwa lobang ini ditutup karena digenangi air itu memang benar karena ketika dibuka kembali, lobang tambang ini memang dipenuhi oleh air. Dibutuhkan pompa air yang besar dan dioperasikan selama 24 jam. Pengerjaan ini sendiri berlangsung selama 40 hari hanya untuk mengeluarkan air yang telah memenuhi lobang tambang.

Lobang Tambang Mbah Soero merupakan satu-satunya pertambangan batubara yang menjadi sebuah objek wisata. Banyak hal yang bisa kita pelajari bila berkunjung kesini. Setiap yang berkunjung ke Lobang Tambang Mbah Soero ini pasti akan dipandu oleh pemandu profesional. Kita bebas bertanya mengenai sejarah tambang dan orang rantai. Bila ingin berkunjung ke Lobang Tambang Mbah Soero, berikut adalah prosedur dan ketentuan masuk Lobang Tambang :

  • Memasuki Lobang Tambang
    Foto: Koleksi MGR

    Membeli tiket tanda masuk Rp. 8.000,-/orang

  • Menitipkan barang bawaan (handphone, kamera, korek api, dll)
  • Menggunakan peralatan safety yang disediakan (helm dan sepatu safety)
  • Masuk lobang didampingi oleh pemandu (maksimal 20 orang)
  • Memasuki lobang tambang melalui lubang utama dan keluar melalui lobang ventilasi udara.
  • Selama dalam lobang tambang dilarang :
  1. Menyentuh material lobang tambang
  2. Mengambil material batubara
  3. Memisahkan diri dari pemandu dan rombongan
  4. Berkata-kata kotor
  5. Perempuan dalam keadaan haid dilarang memasuki lobang tambang

Dijamin kunjungan anda ke Lobang Tambang Mbah Soero ini akan menjadi kunjugan yang tidak akan terlupakan. Ayo ke Sawahlunto..!!

Keadaan dalam Lobang Tambang
Foto: Koleksi MGR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s