Hari Jadi MGR..

Salah satu suasana museum di petang hari pada akhir pekan. Space diantara Gedung Utama dengan Steam Generator, dijadikan sebagai tempat latihan tari oleh anak-anak SD.Foto: Koleksi MGR

Salah satu suasana museum di petang hari pada akhir pekan. Space diantara Gedung Utama dengan Steam Generator, dijadikan sebagai tempat latihan tari oleh anak-anak SD.
Foto: Koleksi MGR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Bilangan tahunpun telah bertambah, sang waktu terus berputar, berjalan meninggalkan yang telah lalu. Usia yang semula mudapun telah berganti, menjadi lebih tua. Banyak sudah peristiwa yang dialami, gejolak kehidupan menghiasi hari-hari. Duka dan bahagia datang silih berganti, menghampiri sudah serupa kawan abadi.

Museum Goedang Ransoem telah bertambah usianya kini, sungguh tak terasa bahwa satu tahun telah berlalu. Terasa baru sekejap. Telah banyak peristiwa dan kejadian yang menghiasi perjalanan museum. Kami berharap segala peristiwa dan kejadian tersebut dapat menambah kematangan museum ini, terutama para staf kami.

Dalam masa satu tahun ini, kami mencoba menengok kembali ke belakang. Kata orang bijak, untuk melihat masa setahun medatang maka tengoklah kembali ke masa setahun yang silam. Memanglah rasanya belum maksimal kerja kami dalam mempersembahkan yang terbaik untuk museum ini. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada pada kami staf museum, maka inilah hasil dari kerja kami selama ini.

Kami berharap dan mencoba membuat perubahan, sebab bagi pengunjung yang telah datang berulang kali tentunya mengharapkan sesuatu yang lain, sesuatu yang baru. Pengalaman dari beberapa museum ialah kebosanan yang terasa oleh para pengunjung yang telah datang berulang kali. Mereka tidak melihat adanya perubahan atau sesuatu yang baru pada museum yang mereka kunjungi.

Memanglah hal tersebut merupakan sesuatu yang pelik dan amat sukar untuk dipecahkan. Karena menata museum merupakan bukanlah pekerjaan yang mudah. Apakah itu penataan galeri, tata pameran, dan lain sebagainya. Berbagai unsur menjadi pertimbangan untuk itu.

Namun dari pada  itu, akhir November kemarin telah dipasang panel baru yakni panel proses memasak di dapur umum. Panel ini berupa repro foto lama berukuran besar, dimana diperlihatkan salah satu gambar yang berhasil diabadikan oleh fotografer masa itu. Kami harap panel baru ini dapat memberikan nuansa baru kepada para pengunjung, terutama kepada para pengunjung yang telah datang berulang kali ke museum kami. Beberapa hal  masih dalam pengerjaan, kami harap perubahan yang terjadi dapat memuaskan dan menambah daya tarik museum.

Kami telah mendapat berbagai macam kritikan dan masukan. Apakah itu dari pengunjung, masyarakat luas, pemerintah kota, bahkan dari unsur di dalam Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto. Kritikan dari staf museum sendiri juga ada yang berdatangan. Semoga saja berbagai kritikan dan masukan tersebut disampaikan dari pribadi yang berniat suci, tulus, dan ikhlas.

Berbagai kritikan dan masukan tersebut menjadi catatan kami dalam menentukan arah kebijakan museum untuk ke depannya. Semoga saja nantinya, Museum Goedang Ransoem tampil lebih baik, profesional, dan menjadi idaman banyak orang.

Sekianlah dari kami, kami sangat berharap dukungan dari semua fihak dalam menyukseskan perjalanan museum ke depannya. Terimakasih atas segala kritik dan masukan, dan terimakasih pula kami ucapkan kepada para pimpinan atas perhatian mereka yang tak terhingga untuk museum kita ini.  Terlepas dari itu semua, kami pra staf museum merupakan orang-orang muda yang memiliki beragam impian dan rencana. Penuh akan kekurangan dan kekhilafan dalam bertindak. Oleh karena itu bimbingan dari yang lebih tua merupakan salah satu pedoman utama dalam bekerja.

Umur belum setahun jagung

Darah belum setampuk pinang

Salah dan janggal kami

Mohon dimaafkan..

 

Salam hormat kami dari museum..

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s