Menenun di Museum

Ibu-ibu sedang menenunFoto; Koleksi MGR

Ibu-ibu sedang menenun
Foto; Koleksi MGR

Telah hampir berjalan sebulan lamanya beranda depan gedung pameran utama di Museum Goedang Ransoem dipakai untuk kegiatan pelatihan tenun. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Perindakop Kota Sawahlunto. Beranda depan yang biasanya lengang, kemudiannya menjadi ramai dengan ibu-ibu yang berlatih tenun. Terdapat sepuluh alat tenun yang disediakan oleh Perindakop untuk kegiatan ini. Seluruh alat tenun tersebut merupakan alat tenun tradisional, belum menggunakan mesin.

Keberadaan ibu-ibu yang menenun di beranda depan gedung galeri utama menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu atau pengunjung museum. Banyak diantara para pengunjung yang terpaku melihat ibu-ibu menenun. Bagaimana dari awalnya hanya berupa helaian benang dapat menjadi sebuah kain yang dipakai sehari-hari.

Tidak semua orang melihat bagaimana kain yang mereka pakai merupakan hasil tenunan dari beberapa helai benang. Tidak pula semua orang tahu bagaimana proses menenun itu berjalan. Serta tidak pula semua orang pernah melihat mesin tenun secara langung, bagaimana proses penenunan itu, dan seperti apa semuanya itu berjalan.

Keberadaan ibu-ibu ini merupakan berkah tesendiri untuk museum, karena museum sebagai salah satu lembaga yang berfungsi untuk mendidik telah terbantu dengan kegiatan ini.  Setidaknya di Museum Goedang Ransoem, para pengunjung kami dapat melihat dan menyaksikan seperti apa itu proses menenun. Sehingga membantu mereka dalam berimajinasi mengenai proses menenun yang dijalankan oleh orang-orang tua kita dahulunya.

Hingga kini (Senin, 24 Desember 2012), proses menenun masih berjalan di Museum Goedang Ransoem. Telah terjadi beberapa kali perpanjangan jadwal. Semoga saja di hari libur panjang ini, para pengunjung museum akan semakin terkesan dengan adat dan budaya Kota Sawahlunto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s