PLASMA LIGHT

Oleh: Nizes Mies

795692pPlasma Lihgt atau Bola Lampu Plasma merupakan salah satu alat peraga yang tersedia di IPTEK Center kota Sawahlunto. Bola lampu ini mengantarkan arus listrik yang aman jika disentuh. Sangat cocok untuk pratikum ilmu sains. Apabil disentuh maka sambaran cahaya akan menyambar jari-jari kita yang menempel pada kaca. Persis serupa yang kita lihat di filem-filem, dimana paralatan ini biasanya digunakan oleh para peramal sebagai salah satu instrumen untuk menarik perhatian pasien mereka. Sangat lucu dan unik apabila mencobanya.

 Bola lampu ini diciptakan oleh Nikola Tesla dalam sebuah percobaan arus listrik yang dilakukannya. Tesla sendiri menamakan hasil ciptaannya dengan sebutan Tabung Lucutan gas Lembab.

Lampu plasma biasanya terbuat dari bola gas bening yang diisi dengan  campuran beberapa gas pada tekanan rendah. Digerakkan oleh arus bolak-balik frekuensi tinggi (35 Hz) yang dibangkitkan oleh transformator tegangan tinggi.

Lampu plasma light adalah jenis lampu electrodeless  energi dengan penguasaan frekuensi radio..Dalam plasma light, waveguide digunakan untuk membatasi dan memfokuskan listrik menjadi plasma. Gas akan terinisasi, dan elektro bebas dipercepat oleh media listrik, bertabrakan dengan atom gas dan logam. Beberapa electron atom berputar-putar disekitar gas dan atom logam sangat antusias dengan tabrakan ini, sehingga membawanya ke keadaaan energi yang lebih tinggi ketika electron jatuh kembali ke keadaan semula, dan itu akan memancarkan foton, sehingga cahaya terlihat.

Jadi dari sebuah alat peraga yang bernama Plasma Light menjelaskan bahwa  potensial listrik mengalir dari potensial listrik yang lebih besar menuju potensial yang lebih kecil.

Bentuk bola plasma yang dimiliki oleh IPTEK Center Kota Sawahlunto ialah bola plasma berbentuk bulat. Apabila dihidupkan akan memancarkan sinar bewarna-warni. Hal ini tentu saja akan memancing rasa ingin tahu.

Silahkan anda dekat jari pada bolam ini. akan terdapat sambaran cahaya yang menuju ke jari-jari anda. Mengapa demikian?

Listrik akan mengalir dari potensial yang lebih tinggi menuju potensial yang lebih rendah. Tubuh kita memiliki potensial lebih rendah sehingga saat kita mendekatkan jari ke Bola plasma maka kita memberikan jalan bagi listrik untuk mengalir ke potensial listri yang lebih rendah.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Lampu_plasma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s