de Mooi Sawahloento

Pemandangan salah satu sudut Nagari Silungkang dari atas bukit di Desa Silungkang Oso

Pemandangan salah satu sudut Nagari Silungkang dari atas bukit di Desa Silungkang Oso

Jika berbicara mengenai Sawahlunto maka yang akan terfikirkan oleh kita ialah Kota Tua dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Tata kota yang menarik apalagi jika dipandangi dari atas ketinggian seperti dari atas Puncak Cemara dan Puncak Polan. Sawahlunto juga dikenal karena pertambangannya yakni batubara. Dimana produksinya pernah mendunia di masa lalu.

Namun, hanya itukah Sawahlunto?

Sawahlunto merupakan kota terluas kedua di Sumatera Barat setelah Padang sebagai ibukota propinsi. Namun kebanyakan orang beranggapan Sawahlunto ialah kota kecil, hal ini karena pandangan banyak orang bahwa yang disebut dengan Sawahlunto ialah pusat kota sekarang yakni Kawasan Kota Lama. Hal ini dapat difahami, karena dalam fikiran kita, bahwa yang namanya kota ialah sebuah kawasan ramai dan padat penduduk. Dipenuhi oleh berbagai kendaraan yang berseliweran di jalanan lebar serta dengan hiruk pikuk kehidupan masyarakat perkotaan lainnya.

Kami tidak hendak menyalahkan anggapan demikian, karena hal tersebut wajar dan sah-sah saja. Memanglah salah satu ciri perkotaan ialah mobilitas geografis dan sosial masyarakatnya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Kehidupan masyarakat kota juga tidak terlalu dipengaruhi oleh cuaca dan alam. Perdagangan adalah salah satu ciri ekonomi masyarakat perkotaan.

Salah satu areal persawahan di Nagari Talawi

Salah satu areal persawahan di Nagari Talawi

Namun hal demikian tidak selalu dapat kita temui pada setiap perkotaan di Indonesia. Sawahlunto ialah salah satu contohnya, dimana sebagian besar wilayahnya masih terdiri dari pedesaan yang diselimuti oleh hutan dan perkebunan masyarakat.

Keadaan geografis Sawahlunto yang berlurah dan berbukit merupakan salah satu nilai tambah bagi kota ini. Bukit dan lembah yang menglilingi Sawahlunto merupakan salah satu unsur utama dalam mempercantik kota ini. Pada beberapa nagari, kampung-kampung yang dibuat oleh para leluhur mereka di masa lalu ialah di kaki dan lereng bukit. Untuk sampai kesana membutuhkan usaha yang berat dan panjang. Namun tidak pada masa sekarang, karena seluruh jalan-jalan di Kota Sawahlunto telah diaspal dengan baik.

Dari kampung yang terletak di kaki dan lereng bukit, dapat kita saksikan keindahan Alam Sawahlunto. Jejeran sawah berjenjang di lembah-lembah, ada yang sedang menghijau dan ada pula yang telah menguning. Sungguh suatu pemandangan yang menyejukkan mata dan menetramkan batin. Kami yakin para fotografer pastilah sangat berminat untuk mengabadikan keindahan alam kota ini.

Salah satu areal persawahan di Nagari Tak Boncah

Salah satu areal persawahan di Nagari Tak Boncah

Perjalan ke beberapa nagari di Sawahlunto yang kampung mereka terletak di pinggang bukit sangatlah menengangkan. Karena jalan yang berliku-liku, naik dan menuruni lurah, serta lebar jalan yang hanya kira-kira 2-2,5 m dapat memicu adrenalin bagi yang belum terbiasa. Bagi yang menyukai olah raga petualangan, Sawahlunto adalah salah satu tempat yang tepat.

Berjalan menyusuri jalan ini, dimana di satu sisi ialah tebing sedangkan disisi lain disambut oleh lembah yang dalam. Suatu pemandangan yang mengasyikkan, karena mata kita dimanjakan oleh pemandangan nan elok dari lembah-lembah tersebut. Untaian lahan persawahan, perkebunan, dan rumah-rumah penduduk telah sedia menyambut kita. Tenang saja, jalanan disini cukup lengang sehingga aman bagi kita.

Banyak tempat seperti ini di Sawahlunto sebut saja Nagari Kumbayau dan Tigo Tumpuak di Kecamatan Talawi, Nagari Talago Gunuang, Lumindai, Kubang, Lunto, dan Tak Boncah. Kesemuanya terletak di lereng dan kaki bukit serta dasar lembah. Suatu pemandangan yang menetramkan karena tidak layaknya sebuah kota dimana kemana mata memandang maka akan terbentur dengan dinding bangunan. Maka disini, kemana mata memandang yang didapati ialah kesejukan, pandangan yang menyehatkan mata.

 

kec.talawi (3)

Salah satu kawasan persawahan di tepi sungai
Lokasi: Nagari Talawi

talago gunuang

Salah satu kawasan persawahan di Nagari Talago Gunuang

silungkang tigo (17)

Jalan di pinggang bukit
Lokasi: Nagari Tak Boncah

koto tuo kec.talawi (7)

Salah satu kawasan persawahan di Nagari Kolok

silungkang oso (16)

Salah satu sudut Nagari Silungkang

koto tuo kec.talawi (5)

Salah satu kawasan persawahan di Nagari Kolok

kec.talawi

Salah satu kawasan persawahan di Kec. Talawi

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s