PENEMUAN TERBARU KOLEKSI MUSEUM GOEDANG RANSOEM

Oleh: Nizes Mise, A.Md

Salah satu ketel yang akan diselamatkan. Sumber Foto: Koleksi MGR

Salah satu ketel yang akan diselamatkan.
Sumber Foto: Koleksi MGR

Museum Gudang Ransum merupakan Museum pertama di Kota Sawahlunto yang berdiri pada Tahun 2005. Selain bangunannya yang bernilai sejarah cukup tinggi, Museum Gudang Ransum juga memiliki berbagai berbagai macam koleksi benda-benda yang mengandung nilai sejarah Kota Sawahlunto khususnya dan sumatera Barat Umumnya. Benda-benda ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda di awal abad ke 19.

Baru-baru ini Staf Museum Goedang Ransoem (Tim Pengadaan Koleksi) menemukan beberapa benda cagar budaya berupa 7 Buah ketel, yang merupakan salah satu peralatan memasak yang digunakan di Dapur Umum pada masa kolonial. Ketel-ketel ini dahulunya digunakan untuk memasak makanan dalam skala besar guna memenuhi kebutuhan para buruh tambang. Adapun 7 buah ketel yang ditemukan tersebut antara lain:

  • 3 Buah ketel ditemukan di Badan Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT)  Sawahlunto dimana sebelumnya 2 buah ketel dijadikan pot bunga dan 1 buah lagi digunakan untuk penyangga lampu wolf. Setelah diteliti dan dicermati oleh Tim Pengadaan Koleksi Museum Goedang Ransoem, ternyata keberadaan dan keaslian ketel memang benar adanya.
Dua buah ketel yang menjadi pot bunga. Sumber Foto: Koleksi MGR

Dua buah ketel yang menjadi pot bunga.
Sumber Foto: Koleksi MGR

Untuk penyelamatan benda Cagar budaya ini sudah dilakukan pembicaraan tahap awal antara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto, Bapak Medi Iswandi, ST, MM dengan Kepala BDTBT Bapak Dedi Rustandi, SE. Setelah disepakati, penyerahan ketel dilaksanakan hari kamis tanggal 14 Februari 2013.

  • Pada tanggal 19 Februari 2013 yang lalu, Tim Pengadaan Koleksi Museum Gudang Ransum juga mengambil sebuah ketel dari Bapak Aneran, seorang wiraswasta. Ketel ini ditemukan tim pengadaan koleksi dalam keadaan yang kurang terawat, karena terletak begitu saja di depan rumah.

Beberapa Benda Cagar Budaya yang juga ditemukan oleh Tim Pengadaan Koleksi adalah:

  1. 2 buah periuk masak yang ditemukan di Bengkel Utama Ombilin, tapi belum ada pembicaraan dengan pihak PT.BA-UPO Sawahlunto.
  2. 1 buah ketel ditemukan di Sulit Air Kabupaten Solok.
  3. 1 buah ketel yang berada di rumah warga Tangsi Sawahlunto.
Proses pemindahan ketel oleh staf museum Sumber Foto: Koleksi MGR

Proses pemindahan ketel oleh staf museum
Sumber Foto: Koleksi MGR

4 buah benda cagar budaya ini belum ada pembicaraan antara  dua belah pihak dan akan dilaksanakan pembicaraan kepada pemilik dalam waktu dekat ini.

Dengan ditemukannya beberapa buah benda cagar budaya ini, Tim Pengadaa Koleksi Museum Goedang Ransoem akan mencoba untuk bernegosiasi dengan pemilik benda-benda tersebut, sehingga semua benda-benda yang pernah dipakai di Dapur Umum dahulunya bisa kembali dikumpulkan dan di pamerkan di Museum Goedang Ransoem.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s