Kenangan di Dapur Umum

Oleh: Redaksi

Foto: Doc. MGR

Foto: Doc. MGR

Beberapa waktu yang lalu Museum Goedang Ransoem dikunjungi oleh salah satu keluarga yang dahulu pernah tinggal di museum. Menurut salah seorang anggota keluarga yang ikut, mereka telah tinggal di sini semenjak tahun 1983. Bagi pembaca yang belum tahu, sebelum direvitalisasi, Komplek Dapur Umum merupakan kawasan perumahan penduduk kota. Pada masing-masing gedung yang berada di komplek ini, tinggal beberapa keluarga.

Ketika sampai ke dalam galeri utama kami, mereka asyik berkeliling melihat-lihat keadaan, melihat sejauh mana perubahan yang terjadi di tempat mereka tinggal. Salah seorang dari mereka menerangkan bahwa dia memiliki sebuah kamar tepat di atas tangga menuju ruang bawah tanah.

Sambil bersemangat salah seorang dari mereka berkata “Ni sini dahulu bilik (kamar) saya” katanya sambil tersenyum.

Kami hanya tersenyum mendengarnya, sambil bertanya ini-itu. Akhirnya didapatlah keterangan bahwa sekarang diantara mereka ada yang telah tinggal di luar kota. Ada yang tinggal di Padang dan ada yang masih tetap tinggal di Sawahlunto.

Itulah kisah kecil kami, petugas museum, dimasa sebelum Ashar menjelang waktu pulang kantor. Bagi diantara pembaca yang berasal dari Sawahlunto, memiliki kenangan di kota ini, dan mungkin bahkan ada yang pernah tinggal, besar, dan bermain di kawasan museum ini dahulunya. Kembalilah pulang, tengoklah sudah sejauh mana perubahan yang terjadi di tempat dahulu kita dibesarkan, bermain, dan menghabiskan masa kanak-kanak.

Dan kalau berkenan, silahkan tulis kisah anda di sini. Hubungi saja kami melalui email atau facebook. Insya Allah, kisah anda akan kami muat do blog ini.

Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s