Historical Game

Selamat Datang

Selamat Datang

Pada hari Selasa tanggal 21 Mei 2013, Bidang Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman mengadakan sebuah perlombaan yang bernama Historical Game. Jika kita terjemahkan secara bebas maka Historical Game berarti Permainan Bersejarah.  Maksudnya ialah sebuah permainan atau perlombaan yang diadakan sebagai salah satu wadah untuk pendidikan sejarah bagi anak-anak sekolah di Sawahlunto.

Salah satu utusan dari sekolah yang didampingi oleh guru mereka sedang mendaftar di meja Panitia

Salah satu utusan dari sekolah yang didampingi oleh guru mereka sedang mendaftar di meja Panitia

Perlombaan Historical Game ini diikuti oleh utusan dari sekolah SLTA se Kota Sawahlunto, baik SMU, SMK, ataupun MAN. Masing-masing sekolah mengirim enam utusan yang dibagi kepada dua kelompok. Berarti masing-masing kelompok terdiri atas tiga orang anggota. Tingkatan kelas tidak dibatasi, diserahkan sepenuhnya kepada fihak guru untuk menentukan murid dari kelas berapa yang hendak mereka kirim.

Petugas dari DLLAJ juga diperlukan untuk mengamankan perjalanan anak-anak selama perlombaan. Foto diambil di dekat tenda pendaftaran.

Petugas dari DLLAJ juga diperlukan untuk mengamankan perjalanan anak-anak selama perlombaan.
Foto diambil di dekat tenda pendaftaran.

Perlombaan ini dirancang sebagai sebuah ajang permainan yang gunanya agar para siswa tidak tegang dan terkungkung kepada pertanyaan yang hendak diberikan. Perlombaan tidak hanya terpusat di Museum Goedang Ransoem, akan tetapi juga dibuat tiga buah pos di luar kawasan museum. Pos-pos tersebut ialah Pos Pertama di Galery Info Box, Pos Kedua di Museum Kereta Api, dan Pos Ketiga di Kantor Lurah Tanah Lapang. Sedangkan Pos Keempat yang merupakan pos terakhir sekaligus tempat Finish ialah di Museum Goedang Ransoem.

Bapak Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto melakukan pelepasan pertama kepada salah satu kelompok.

Bapak Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto melakukan pelepasan pertama kepada salah satu kelompok.

Pertama para peserta dilepas dari Museum Goedang Ranseom. Dari sini mereka akan menuju ke Pos Pertama dan selanjutnya akan pergi ke pos berikutnya hingga berakhir di Museum Goedang Ransoem. Pada setiap pos mereka akan diminta untuk ikut dalam sebuah permainan yang telah dirancang oleh panitia. Setelah itu mereka akan diberikan pertanyaan seputar sejarah. Yakni Sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, dan Nasional. Sebelum diberi pertanyaan, masing-masing kelompok akan  diminta mengambil lot. Lot tersebut berguna untuk menentukan pertanyaan nomor berapa yang akan mereka pilih. Setiap kelompok mendapat jatah lima pertanyaan dengan lama waktu menjawab ialah tiga menit. Jika tidak dapat menjawab mereka boleh meminta tangguh (pas) dan lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Apabila masih ada waktu tersisa maka pertanyaan yang belum terjawab akan kembali diulang.

Masih sempat bergaya di perjalanan selepas dari Info Box

Masih sempat bergaya di perjalanan ke Info Box

Masing-masing pos juga dijadikan sebagai tempat membagikan kupon makan dan snack. Kupon snack dibagikan di Pos Pertama yakni di Galery Info Box, sedangkan snack akan mereka peroleh di Pos Kedua setelah memperlihatkan kupon tersebut. Kemudian di Pos Ketiga mereka akan mendapatkan kupon makan dan nasi bungkus akan mereka dapatkan di pos terakhir yakni Pos Keempat di Museum Goedang Ransoem.

Pos Pertama ialah Galery Info Box.

Pos Pertama ialah Galery Info Box.

Di Pos Keempat, selain diminta mengikuti permainan dan kemudian diberi pertanyaan. Di pos ini juga diadakan lomba yel-yel. Setiap kelompok diminta untuk membuat yel-yel khas kelompok mereka, khas berarti tidak boleh sama. Haruslah kreative dan tentu saja lucu.

Salah satu kelompok yang sedang dalam perjalanan dari Info Box ke Museum Kereta Api. foto diambil di depan Ged. PT. BA-UPO

Salah satu kelompok yang sedang dalam perjalanan dari Info Box ke Museum Kereta Api.
foto diambil di depan Ged. PT. BA-UPO

Setelah semua rangkaian perlombaan tersebut mereka ikuti maka mereka akan memasuki acara door prize. Door prize diadakan sekitar satu jam sebelum waktu zuhur. Door Prize merupakan acara pelengkap dan pemeriah, pada acara ini, bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan akan diberi hadiah langsung oleh panitia.

Pos Kedua ialah Museum Kereta Api

Pos Kedua ialah Museum Kereta Api

Disaat para peserta sibuk dengan acara Door Prize maka para anggota Dewan Juri sibuk pula dengan perolehan nilai para peserta. Mereka berkutat dengan kertas-kertas hasil penilaian yang terkumpul pada setiap pos. Untuk kemudian diolah dan diperoleh hasil. Terdapat beberapa kriteria dalam penilaian yakni kemampuan dan kecepatan dalam menjawab soal yang diberikan, kemampuan dalam permainan yang diadakan, dan terakhir ialah yel-yel yang diperlombakan. Hasil dari penilaian tersebutlah yang kemudian diolah dan menjadi hasil akhir.

Beberapa orang peserta baru saja selesai di Pos Ke-2

Beberapa orang peserta baru saja selesai di Pos Ke-2

Tepat ketika adzan zuhur, makananpun dibagikan. Kebanyakan peserta dan panitia lebih memilih untuk menyantap makanan terlebih dahulu dan baru kemudian shalat. Setelah jeda rehat maka panitiapun kembali membuka acara. Acara berikut ialah hiburan, para peserta dan panitia diberi kesempatan untuk menyumbangkan beberapa lagu pada kesempatan tengah hari ini. selepas itu baru diumumkan para pemenang.

Pos Keempat ialah tempat mengambil kupon makanan. Bertempat di Tanah Lapang

Pos Ketiga ialah tempat mengambil kupon makanan. Bertempat di Tanah Lapang

Diperoleh tiga pemenang pada perlombaan ini, yakni Juara Pertama ialah Kelompok I dari SMU N 1 Sawahlunto, Juara Kedua ialah Kelompok II dari MAN Kota Sawahlunto, dan Juara Ketiga ialah Kelompok I dari MAN Kota Sawahlunto. Juara kedua dan ketiga diborong oleh MAN Kota Sawahlunto. Pada kesempatan tengah hari ini hadiah hanya diberikan secara simbolis saja sebab hadiah sebenarnya akan diberikan esok hari. Sebab esok hari ialah perlombaan terakhir yakni “SAWAHLUNTO RANGKING 1” yang diikuti oleh siswa SLTP se Kota Sawahlunto.

Pos Keempat ialah Museum Goedang Ransoem

Pos Keempat ialah Museum Goedang Ransoem

DSC_0736

Para pemenang. Peringkat pertama di sebelah kiri berasal dari SMU N 1 Sawahlunto. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga ialah berasal dari MAN Sawahlunto

Foto Bersama di Akhir Acara: Para Peserta, Para Guru Pendamping, & Para Panitia

Foto Bersama di Akhir Acara: Para Peserta, Para Guru Pendamping, & Para Panitia

4 pemikiran pada “Historical Game

  1. Ping balik: Heritage Race | Museum Goedang Ransoem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s