Persiapan Museum menyambut TDS

Oleh: Nizes Mise

Penal Terbaru di dalam Ruang Pameran Utama MGR. Foto: Koleksi MGR

Penal Terbaru di dalam Ruang Pameran Utama MGR.
Foto: Koleksi MGR

Tour de Singkarak merupakan sebuah event balap sepeda tahunan yang diselenggarakan di Sumatera barat. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2009, dan merupakan  ajang resmi tahunan organisasi balap sepeda dunia (Union scyliste International) karena kualitas penyelenggaraan, tantangan yang dihadapi serta  animo yang cukup tinggi pembalap dunia yang mengikuti TDS.

Salah satu panel baru di Ruang Pameran Utama MGR Foto: Koleksi MGR

Salah satu panel baru di Ruang Pameran Utama MGR
Foto: Koleksi MGR

Pada tahun 2013 ini, Tour De singkarak akan diselenggarakan pada tanggal 2-9 Juni 2013. Dan untuk itu berbagai macam persiapan  telah dilakukan Pemda kota Sawahlunto khususnya, Sumatera Barat umumnya dalam rangka menyambut Tour De Singkarak yang ke 5 ini. Tak terkecuali Museum – museum di Sawahlunto ( Museum Goedang Ransoem, Museum Kereta Api, dan Lubang Tambang Mbah Suro). Museum Goedang Ransoem pun telah mulai berbenah, para awak museum  melakukan persiapan-persiapan  berupa penataan ulang ruang pameran Museum. Pelaksanaan pekerjaan penataan ini telah dimulai sejak tanggal 11 Maret 2013 yang lalu, dimana beberapa panel media informasi di ubah menjadi tatanan yang lebih menarik dan informatif. Media-media informasi tentang museum juga sudah di cetak ,dan siap untuk di pajang .

Pakain Koki Perempuan dan Tuan Kompeni Belanda. Foto: Koleksi MGR

Pakain Koki Perempuan dan Tuan Kompeni Belanda.
Foto: Koleksi MGR

Ketel-ketel (periuk besar) juga  di tata ulang dengan tampilan yang sama seperti Dapur Umum masih beroperasi sebagai tempat memasak dalam skala besar pada zaman kolonial.

Untuk kebersihan gedung dan  koleksi-koleksi museum tentu sudah sangat pasti dilakukan para awak museum.  Diantaranya melakukan konservasi ketel –ketel (periuk besar), konservasi songket tua, serta konservasi semua koleksi yang ada di museum. Sehingga ketika pengunjung datang, museum akan terlihat  sangat indah dengan tatan koleksi yang menarik, bersih dan terawat serta informatif.

Pakaian Koki Perempuan Foto: Koleksi MGR

Pakaian Koki Perempuan
Foto: Koleksi MGR

Tidak hanya itu, para staf museum juga bersiap-siap menyambut kedatangan para peserta tour de singkarak, official,  dan  seluruh pihak yang berkepentingan dengan penyelenggaraan tour ini dengan memakai baju special yang menarik dan uniq untuk di lihat. Nantinya ketika penyelenggaraan event, para staf akan memakai baju  khas koki belanda ( untuk perempuan) dan baju kompeni (untuk laki-laki). Perubahan pada penampilan Museum ini akan memberikan nuansa yang berbeda, karena  akan terasa hidup  dan serasi dengan fungsi gedung museum pada zaman kolonial yang tak lain adalah  sebagai tempat memasak dalam skala besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s