Roket Angin

Oleh: Nola Lestari

Merakit Landasan & Tabung Peluncur Roket Gambar: Koleksi MGR

Merakit Landasan & Tabung Peluncur Roket
Gambar: Koleksi MGR

IPTEK CENTER Kota Sawahlunto selalu  berusaha untuk mengembangkan dan memperkenalkan IPTEK Center, sehingga diharapkan dapat menarik minat para pelajar untuk mau mempelajari dan mendalami bidang ilmu sains serta mendorong para pelajar lebih keratif. Melalui penambahan alat peraga, IPTEK Center mencoba memperkenalkan sains melalui cara yang lebih menarik dan kreatif. Dimana selama ini mempelajari sains dalam pandangan anak-anak sekolah dianggap sebagai suatu pelajaran yang membosankan.

Selain itu IPTEK Center Kota Sawahlunto juga menampilkan percobaan Fisika dan Kimia, penampilan percobaan ini – biasa disebut dengan Demo Iptek Center – ialah dengan cara mengundang pelajar dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Sawahlunto. Serta dengan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di dalam kota maupun luar Kota Sawahlunto.

Percobaan yang dilakukan saat kunjungan IPTEK Center Kota Sawahlunto ke sekolah-sekolah biasanya berupa demo sains tentang pemuaian, resonansi dan roket angin. Dimana diantara ketiga kegiatan demo sains diatas yang lebih menarik dan lebih diminati oleh pelajar adalah demo roket angin.

Bagi yang Ingin mengetahui sistem kerja roket angin, ini penjelasannya:

Pertama tama kita mempersiapkan landasan roket dan tabung peluncur setelah itu meletakkan roket di ujung tabung peluncur. Kemudian isi udara pada tabung peluncur dengan menggunakan pompa atau kompresor sampai batas tekanan udara yang telah ditentukan, lalu putar kran pada ujung tabung peluncur.

 

 

Siswa-siswi SMA PGRI Kota Sawahlunto Sedang Menyaksikan Demo Roket Angin Gambar: Koleksi MGR

Siswa-siswi SMA PGRI Kota Sawahlunto Sedang Menyaksikan Demo Roket Angin
Gambar: Koleksi MGR

Yang terjadi adalah roket akan meluncur dengan cepat,  kenapa demikian????

Udara mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat udara bertekanan rendah, maka tekanan udara di dalam tabung peluncur yang bertekanan tinggi akan mengalir ke roket yang bertekanan udara rendah. maka roket akan mendapatkan tekanan udara yang tinggi dan menyebabkan roket meluncur sampai tekanan udara pada roket kembali rendah.

Pada roket angin ini terjadi proses aksi-reaksi. Terjadinya aksi karena udara terdorong keluar dari tabung peluncur. Pada saat bersamaan juga terjadi proses aksi, roket akan terdorong kearah berlawanan dengan udara yang keluar dari tabung peluncur.

Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara merakit roket angin datang saja ke IPTEK Center Sawahlunto, juga bisa langsung bertanya ke teknisi IPTEK Center. Selain itu pengunjung juga bisa melihat dan memperagakan langsung alat peraga roket angin.

sumber:

http://sciencecenter.jawatimurpark1.com/berita-123-roket-angin.html

Kurniawan Dan Frangki Veronica (tekhnisi dan Pemandu Iptek Center)

Satu pemikiran pada “Roket Angin

  1. Ping balik: Lomba Roket Angin | Museum Goedang Ransoem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s