Kami di Museum

 

Aktivitas Kami di Museum

Kawan-kawan dari bagian Konservasi dan Preparasi sedang melakukan perawatan terhadap salah satu koleksi.

Seringkali beberapa orang kawan bertanya kepada kami para staf museum “Sebenarnya apa saja kerja kalian di museum?” ketika mendapat pertanyaan semacam itu biasanya kami tanggapi dengan senyuman lalu menjawab “Banyak engku, macam-macam kerja kami tidak hanya memandu turis ataupun merawat koleksi dan barang-barang kuno yang dipamerkan di museum.”

Beragam kerja kami di museum ini, ada yang bekerja di bagian konservasi dan preparasi. Bagian ini bertugas untuk merawat dan memperbaiki koleksi museum apabila rusak. Juga bertugas membersihkan koleksi, menentukan tata letak supaya menarik dilihat pengunjung, membuat alas ataupun label koleksi, dan lain sebagainya.

Juga terdapat jabatan Kurator yang bertugas mencari koleksi baru serta melakukan penelitian terhadap koleksi yang ada. Kurator adalah orang yang paling bertanggung jawab dan seharusnya paling tahu perihal seluruh koleksi yang ada di museum.

Salah seorang tim keberseihan kami sedang menunaikan tugasnya

Ada juga tim kebersihan yang pekerjaannya tidak semata sebagai tukang bersih-bersih ataupun mengantar surat. Mereka inilah yang berjasa dalam menciptakan lingkungan museum yang nyaman, bersih, dan menarik untuk dipandangi.

Kemudian ada juga kawan-kawan yang bertugas di seksi peninggalan bersejarah yang lingkup wilayah tugasnya mencakup seluruh Kota Sawahlunto. Segala bangunan peninggalan bersejarah wajib mereka data dan ketahui untuk dijaga kelestariannya. Hal ini mengingat misi Kota Sawahlunto yang hendak menjadi kota tujuan wisata budaya.

Dan tak kalah pentingnya yaitu bagian tata usaha dan kepegawaian, sudah barang tentu dalam sebuah kantor untuk menjalankan administrasi. Pada bagian inilah segala administrasi dan pelayanan untuk kebutuhan kepegawaian diakomodir.

Nah selain tugas-tugas tersebut, kami para staf museum juga memiliki kewajiban lain yakni penelitian. Penelitian kami yang utama ialah menyangkut sejarah kota ataupun nagari-nagari yang ada di Sawahlunto. Penelitian ini menyangkut kehidupan budaya, keagamaan, sosial, seni rakyat, dan lain sebagainya.

Perawatan museum ialah yang rutin kami lakukan, karena hal ini sangat menentukan dalam menarik hati para turis. Perencanaan penataan mesti dilaksanakan. Tentunya tidak akan ada yang mau berkunjung jika bangunannya kusam, lantai dan toiletnya kotor, serta penataan cahaya ataupun tata letak tidak menarik. Untuk pelaksanaannya tentu kami berharap banyak dari penilaian pengunjung. Sebab bagi pengunjung yang telah datang berkali-kali akan merasa bosan jika mendapat museum yang masih sama koleksi ataupun tata letaknya. Hal inilah penyebab utama orang-orang malas datang ke museum.

Satu pemikiran pada “Kami di Museum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s