Lobang Tambang Mbah Soero

Gallery INFO BOX merupakan tempat untuk memperoleh informasi mengenai objek wisata di wilayah kota lama Sawahlunto. Disini juga para pengunjung dapat melihat kembali perjalanan sejarah Kota Wisata Sawahlunto melalui galery fotografi di lantai satu dari gedung ini.

Gedung Info Box juga merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang hendak  mengunjungi Lobang Tambang Mbah Soero.

Lobang Tambang MBAH SOERO merupakan salah satu lobang tambang pertama di Sawahlunto. Terletak di pusat kota, membuat akses ketempat ini menjadi sangat mudah.

Lobang tambang ini pernah ditutup oleh Belanda karena berbagai sebab, diantaranya rembesan air yang tak dapat dikendalikan lagi dari Batang Lunto yang ada di tepat di samping lobang tambang ini. Kemudian keberadaan gas metan yang dinilai berbaHaya bagi para pekerja tambang, ikut menjadi pertimbangan utama.

Pada saat sekarang ini, keadaan lobang sudah aman karena untuk mengatasi rembesan air, telah dioperasikan beberapa pompa. Kemudian akses lobang juga dibatasi, dimana jalur lobang diperpendek dengan menutupnya dengan semen. Hal ini gunanya untuk memutus aliran penyebaran gas metan.

Setiap pengunjung yang hendak memasuki Lobang Mbah Soero, kami telah menyediakan helem keselamatan dan sepatu boot untuk dipakai oleh para pengunjung. Hal ini bertujuan demi keselamatan pengunjung juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s